Social Icons

Pages

Minggu, 04 September 2016

Dampak Pemanasan Global Bagi Kesehatan

Perubahan iklim global merupakan salah satu masalah kesehatan lingkungan dan masyarakat yang paling banyak dibicarakan. Dampak kesehatan manusia terkait perubahan iklim lingkungan seperti efek langsung dari panas, kenaikan permukaan laut, perubahan curah hujan yang mengakibatkan banjir dan kekeringan, badai dengan intensitas tinggi, kualitas udara terdegradasi dan meningkat akibat paparan polusi lingkungan beracun termasuk polutan persisten organik, logam, dan pestisida.

Pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana perubahan iklim secara langsung dan tidak langsung mengubah kesehatan manusia sangat penting untuk mengurangi atau mencegah penyakit dari dampak tersebut dan tentu memperkecil dampak kematian yang ditimbulkan.

National Institutes of Health (NIH) telah mempelajari dampak iklim global terhadap kesehatan manusia dalam sebuah perspektif kesehatan manusia tentang perubahan iklim. Dalam perspektif tersebut NIH menguraikan kategori konsekuensi dari perubahan iklim bagi kesehatan manusia. Beberapa penyakit yang ditimbulkan dari efek pemanasan global ini adalah asma dan penyakit pernapasan, kanker, penyakit kardiovaskular dan stroke, penyakit bawaan makanan dan gizi, efek perkembangan manusia, kesehatan mental dan gangguan yang berhubungan dengan stres, penyakit saraf, vectorborne dan penyakit zoonosis (infeksi yang ditularkan antara hewan vertebrata dan manusia atau sebaliknya), penyakit yang ditularkan melalui air, dan morbiditas terkait cuaca.

Penyakit-penyakit diatas kini rawan menjadi penyebab kematian umat manusia di muka bumi selain kematian akibat bencana alam.

Dikutip dari:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates