Social Icons

Pages

Selasa, 06 September 2016

Inilah Jilbab Kekinian

Akhir-akhir ini berkembang sebuah istilah baru yang beredar luas via media online atau social media. Istilah populer itu adalah jilboobs. Sebenarnya apa sih arti jilboobs itu?
Dilihat dari asal katanya, jilboobs itu adalah gabungan dari 2 buah kata, yaitu jilbab dan boobs. Jilbab adalah pakaian muslimah yang menutup aurat, sedangkan boobs adalah bahasa Inggris yang berarti (maaf) payudara. Jadi, jilboobs adalah model berpakaian muslim jilbab tapi menonjolkan lekuk-lekuk payudara.
jilboobs (gambar: Google Image Search)
Dan memang benar adanya. Saat ini banyak model pakain muslimah yang seperti itu. Memakai jilbab tapi bagian dada terlihat menonjol alias menampakkan lekuk-lekuk bagian dada dan bagian tubuh yang lainnya. Benarkah model pakaian yang seperti ini jika ditinjau dari sisi syariat Islam?
Kriteria jilbab yang benar sesuai syar’i
Tentang wajibnya berjilbab bagi wanita muslimah sudah tidak lagi diaragukan lagi dalilnya. Dalilnya adalah:
Al-Qur’an surah An-Nur ayat 31, “Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan khumurnya (Indonesia: hijab) ke dadanya….”
Lalu hijab seperti apa yang benar atau yang syar’i itu. Hijab syar’i harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
  • Menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.
  • Tidak tipis dan transparan. (Sesuai hadits di atas)
  • Longgar dan tidak memperlihatkan lekuk-lekuk dan bentuk tubuh (tidak ketat).
  • Bukan pakaian laki-laki atau menyerupai pakaian laki-laki
Lalu, dimana letak tidak syar’i-nya jilboobs? Ya jelas tho. Poin ke-3 diatas tidak terpenuhi, yaitu pakaian yang longgar dan tidak memperlihatkan lekuk-lekuk dan bentuk tubuh atau tidak ketat. Maka, sungguh benarlah sabda Nabi Muhammad SAW:
Rasulullah saw. bersabda yang artinya, “Ada dua golongan penghuni neraka yang aku belum pernah melihatnya: laki-laki yang tangan mereka menggenggam cambuk yang mirip ekor sapi untuk memukuli orang lain dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang dan berlenggak-lenggok. Kepalanya bergoyang-goyang bak punuk onta. Mereka itu tidak masuk surga dan tidak pula mencium baunya. Padahal sesungguhnya bau surga itu bisa tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR Muslim).
Maka, jika Anda (muslimah) mau tetap dianggap sebagai ummatnya Rasulullah SAW, maka segera tinggalkan cara berpakaian ala jilboobs ini.
Dikutip dari: http://www.nyatnyut.com/2014/08/08/apa-jilboobs-itu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates